Categories
Artikel Papua PKBM

Info CLC PKBM dan Wisata di Kab. Pegunungan Bintang Papua

Sekolah Paket ABC yang ada di Kab. Pegunungan Bintang Provinsi Papua saat ini ada 5 PKBM, terdapat di 5 kecamatan.

Profil Kabupaten Pegunungan Bintang

Kabupaten Pegunungan Bintang merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Papua, dengan ibukota Oksibil. Di sebelah utara, Pegunungan Bintang berbatasan dengan kabupaten Keerom, sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Boven Digoel, sebelah Timur berbatasan dengan Negara tetangga Papua New Guinea (PNG) dan sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Yahukimo. Kabupaten Pegunungan Bintang terbagi ke dalam 34 (tiga puluh empat) distrik dan 277 (dua ratus tujuh puluh tujuh) desa/kampung.

Kabupaten Pegunungan Bintang merupakan bagian dari zona tropis lembab. Umumnya iklim cenderung panas, basah (lembab) dengan curah hujan yang bervariasi antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya. Suhu udara minimum adalah ± 14,7oC dan suhu maksimum adalah 26,80C. Kelembaban udara cukup tinggi, terutama disebabkan karena angin yang bertiup berasal dari pegunungan.

Penduduk Di Kabupaten Pegunungan Bintang mayoritas adalah Suku Ngalum, sebagian bersuku Murop dan Kutel yang memiliki mata pencaharian di sektor pertanian sebagai petani tradisional dan masih terdapat juga masyarakat peramu yang hanya memanfaatkan hasil hutan. Sebagian besar penduduk beragama Katolik dan Protestan, dan hanya sebagaian kecil yang beragama Islam. Penduduk yang beragama Islam bermukim di pusat-pusat distrik yang pada umumnya bekerja sebagai PNS dan pedagang.

Objek Wisata Kabupaten Pegunungan Bintang

PUNCAK MANDALA

Puncak Mandala. Ketinggiannya mencapai 4.760 meter di atas permukaan air, termasuk puncak tertinggi kedua setelah Puncak Jaya.

HUTAN LUMUT

Next wisata di Pegunungan Bintang selanjutnya adalah hutan lumut. Sebuah wisata alam yan sangat unik sebab hampir di tiap pohon yang ada di hutan ini diselimuti oleh lumut. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ini karena dipengaruhi oleh suhu rendah serta tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Hal tersebut membuat lumu tumbuh dengan subur dan hutannya juga menjadi unik.

Goa Emoktum

Lokasinya tak jauh dari Hutan Lumut. Goa ini sudah sejak lama digunakan oleh suku asli Pegunungan Bintang yakni Suku Ngalum. Mereka tinggal di sini layaknya sebuah rumah, Hidup secara tradisional dan mandiri. Beberapa fosil kerang pantai pun sempat ditemukan di sekitar Goa Emoktum atau lebih tepatnya di dekat Sungai Pegunungan Bintang.  Arkeolog yang ada di Goa Emoktum menjadi bukit bahwa pernah ada kehidupan di sini.

Goa Seongbuk

Goa Seongbuk memiliki fungsi yang lebih daripada tempat berteduh. Sebab goa sudah ditata agar bisa menjadi tempat beribadah untuk para umat kristiani.

Baca juga  Info CLC - PKBM Jati Uwung kota Tangerang Banten

Saat memasuki goa, kita akan menjumpai bebatuan yang disebut sebagai stalakmit dan stalaktit, nampak sangat eksotis sekali. Kamu bisa melakukan susur gua untuk menemukan hal unik lain di Seongbuk.

Desa Wisata Pegunungan Bintang

Disini kamu bisa mengenal lebih dekat mengenai adat dan istiadat yang biasa dilakukan oleh masyarakat di sana. Salah satunya adalah mempelajari kerajinan kulit kayu. Mulai dari proses lilit hingga pilin lalu menghasilkan sebuah utas seperti benang. Nantinya benang-benang akan diolah menjadi pakaian atau tas-tas yang biasa digunakan di kepala mereka yaitu Noken.

Dan dibawah ini adalah Informasi tentang kelompok belajar (CLC) atau  PKBM,  Sekolah Paket ABC yang ada di Kab. Pegunungan Bintang Provinsi Papua saat ini ada 5 PKBM, terdapat di 5 kecamatan.

Data Kelompok Belajar Masyarakat 

Dari Informasi data pokok pendidikan nasional (Dapodikmas) Kemdikbud, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM yang ada di daerah  Kab. Pegunungan Bintang Provinsi Papua antara lain adalah:

PKBM SEJAHTERA BORME

 JL.PENDIDIKAN, Cangdamban, Kec. Borme, Kab. Pegunungan Bintang Prov. Papua,

PKBM Tripko Aema

 Jln.Kamyoim, Kamyoim, Kec. Iwur, Kab. Pegunungan Bintang Prov. Papua,

PKBM SION

 JL.OKPOL DESA OKMAKOT DISTRIK OKSIBIL KAB.PEGUNUNGAN BINTANG, OKMAKOT, Kec. Oksibil, Kab. Pegunungan Bintang Prov. Papua,

PKBM Benaya Pamek

 Jln. Kumpyarye, Pamek, Kec. Pamek, Kab. Pegunungan Bintang Prov. Papua,

PKBM SIBILBAKON

 Jln. Yapimakot, Siminbuk, Kec. Serambakon, Kab. Pegunungan Bintang Prov. Papua,

Apa itu Community Learning Center – CLC atau PKBM?

CLC Indonesia adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM – yaitu lembaga pendidikan non formal (PNF)  yang memberikan layanan pendidikan kesetaraan, Paket A, Paket B, dan Paket C dengan konsep merdeka belajar.

Sebagai Community Learning Center (CLC) sesuai amanat PBB bahwa pendidikan model PKBM selain bebas usia, adalah untuk meningkatkan literasi (baca, tulis, dan hitung). 

CLC  di Indonesia namanya PKBM membantu masyarakat untuk melanjutkan pendidikan baik yang tertunda maupun memilih PKBM sebagai jalur pendidikannya agar bisa kuliah, kerja, atau ke luar negeri, bahkan untuk berwirausaha. CLC  siap membantu merancang program anda.

Apa itu PKBM?

​Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM adalah fasilitas pendidikan yang disediakan untuk menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi warga masyarakat. 

PKBM juga memfasilitasi warga agar dapat mengikuti ujian kesetaraan melalui program Paket A, B dan paket C.

Baca juga  Info CLC PKBM dan Wisata di Kab. Memberamo Raya Papua

Sekolah paket C atau PKBM di    Kab. Pegunungan Bintang

 Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Berikut  ini Informasi tentang progam layanan CLC, dan info pendaftaran kejar  paket ABC (PKBM) terdekat di Kab. Pegunungan Bintang

 Provinsi Papua.

Program Layanan Community Learning Center (CLC) 

Program layanan: 

HomeSchooling, kelompok belajar (kejar) Paket A, Paket B, Paket C, Pendidikan Kesetaraan.

Community school

HomeSchooling

Indo CLC Siap menjadi mitra para homeschooler yang mendidik putra-putrinya di rumah. Silakan untuk mendaftar agar legalitas anaknya dapat terjamin dan legal selama masa menjalani belajar homeschooling.

Kejar Paket A

Sekolah Paket A CLC adalah Setara SD mata pelajaran (mapel) yang diampu sama dengan sekolah dasar ditambah dengan  mapel pemberdayaan dan keterampilan. 

Sekolah paket A bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SD biasa, yaitu mendalami ilmu-ilmu dasar dalam memahami kehidupan.

Kejar Paket B

Sekolah kejar Paket B di CLC Indonesiw  adalah  Setara SMP,  mapel yang dipelajari sama dengan sekolah menengah pertama dan  ditambah dengan mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah paket B di PKBM  bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMP biasa, yaitu mendalami ilmu untuk bekal bekerja.

Paket C

Sekolah Paket C di PKBM adalah Setara SMA mapel yang dipelajari sama dengan SMA ditambah  mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah Paket C di PKBM bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMA biasa.

Berapa biaya sekolah kejar paket C? 

Biaya setiap PKBM berbeda-beda tergantung fasilitas yang dimiliki serta program keterampilan yang diberikan oleh PKBM.

 Adapun tujuan utama  program Paket C di CLC adalah agar warga belajar siap berwirausaha dan/atau melanjutkan kuliah.

Pendidikan Kesetaraan

CLC (PKBM) di Indonesia juga Menerima pindahan sekolah dari sekolah formal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dari luar negeri dengan penyetaraan ijazah.

Awal tahun pembelajaran ini karena masih ada wabah covid-19 maka penerimaan dan pendaftaran siswa sekolah paket ABC baru/pindahan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan Paket C di PKBM dilaksanakan secara daring (online).

Baca juga  Info Pendaftaran Paket C  Pamulang Kota Tangerang Selatan

Silahkan menghubungi PKBM sekolah kejar Paket ABC yang terdekat di Provinsi Papua

Agar proses pendaftaran siswa berjalan sukses maka sebelumnya harus dipersiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk file foto.

DOKUMEN PERSYARATAN PENDAFTARAN SISWA PAKET KESETARAAN

Adapun dokumen persyaratan yang diperlukan sangat sederhana, yaitu :

Dokumen Persyaratan Paket C (setara SMA) : Foto Ijazah Terakhir (SMP/MTs/Paket B), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket B (setara SMP) : Foto Ijazah Terakhir (SD/MI/Paket A), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket A (setara SD) : Foto Akte Lahir dan Kartu Keluarga. .

Dan bagi siswa masuk di kelas tengah atau pindahan ditambah persyaratan melampirkan raport persemester hasil belajar studi nya.

Selanjutnya kamu silahkan menghubungi sekolah yang terdekat di Provinsi Papua, Dan Sekolah paket C (PKBM) di Kab. Pegunungan Bintang

 Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Dimana Saya Bisa Mendaftar PKBM Paket C terdekat di .    Kab. Pegunungan Bintang

 Tahun ini? Silahkan hubungi PKBM terdekat.

Atau kamu dapat juga daftar secara online dengan mengunjungi link Form PPDB Online (disini) atau 

Form Daftar Sekolah Paket Promo Merdeka Belajar (disini…..) dan mengisi seluruh kolom informasi pendaftaran yang tersedia dengan selengkap-lengkapnya. Dan diakhiri dengan mengklik tombol : Daftar Sekarang.

Demikianlah informasi tentang pendaftaran program kejar paket A, kejar paket B, kejar Paket C di Kab. Pegunungan Bintang

 Provinsi Papua.

Salam merdeka belajar!

* Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare, terima kasih 

.http://indoclc.com

Referensi 

Under Tag:

Indonesia Community Learning Center, indoclc, CLC, info clc, PKBM, Save Dikmas, PNFI, Paud, LKP, Homeschooling, pkbm Pegunungan Bintang, pkbm Provinsi Papua, Sekolah Paket C Kab Pegunungan Bintang, Ijazah Paket C Kab Pegunungan Bintang, Kejar Paket C Kab Pegunungan Bintang, Kejar Paket  Kab Pegunungan Bintang, Paket A  Kab Pegunungan Bintang, Paket B Kab Pegunungan Bintang, Paket C Provinsi Papua, Paket C Kab Pegunungan Bintang, Ujian Kesetaraan Kab Pegunungan Bintang, Ujian Paket C  Kab Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Ujian Paket  Kab Pegunungan Bintang Provinsi Papua, Ujian Persamaan  Kab Pegunungan Bintang,Provinsi Papua, biaya kejar paket c, paket c gratis, wonderfullindonesia,Pegunungan Bintang, clcindonesia, pkbmindonesia, 

Leave a Reply