Categories
Artikel Papua PKBM

Info CLC PKBM dan Wisata di Kab. Boven Digoel Provinsi Papua

CLC atau  PKBM,  Sekolah Paket ABC di Kab. Boven Digoel Papua saat ini ada 21  PKBM, tersebar di 17 kecamatan.

Profil Kabupaten Boven Digoel

Kabupaten Boven Digoel merupakan sebuah kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Tanah Merah(Wikipedia)

Keluasan: 27,108 km²

Wilayah: Papua

Populasi: 68,641 (2014)

PENJARA BOVEN DIGOEL

Nama Boven Digoel yang berarti: Digoel bagian atas atau hulu ini tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan Sungai Digoel di Papua bagian selatan. Boven Digoel dibangun pada tahun 1927 sebagai tempat pembuangan dalam negeri atau interneeringskamp bagi tokoh-tokoh bumi putera yang dianggap berbahaya bagi pemerintah Hindia Belanda. Tokoh bumi putera yang terakhir dibuang ke luar negeri adalah Semaun dan Darsono yang memimpin pemogokan umum buruh pada tahun 1923. Boven Digoel dibangun untuk penampung tokoh-tokoh bumi putera yang dianggap terlibat dalam “Pemberontakan November 1926” yang dilakukan oleh PKI (Partai Komunis Indonesia) serta tokoh-tokoh perlawanan berbasis agama dan politik di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Tokoh-tokoh pergerakan yang pernah dibuang di Boven Digoel ini antara lain adalah: Sayuti Melik (1927-1938), Hatta (1935-1936), Sutan Sjahrir dan Muchtar Lutffi, Ilyas Yacub (tokoh PERMI dan PSII Minangkabau), serta Mas Marco Kartodikromo yang wafat dan dimakamkan di Digoel pada tahun 1935.

Objek Wisata 

Air terjun Bitin Bondut

 Kabupaten Boven Digoel memiliki berbagai objek wisata yang tersebar di beberapa distrik. Objek wisata yang ada di Kabupaten Boven Digoel sangat beranekaragam, mulai dari wisata budaya, sejarah, rohani dan wisata alam, antaralain:

Rumah pohon

1. Rumah Pohon dan Kehidupan Tradisional Distrik Yaniruma Wisata Budaya  Suku Koroway dan Kombay   2. Pesta Ulat Sagu Distrik Yaniruma Wisata Budaya

Penjara Boven Digoel-travel.kompas.com

3. Penjara Situs Boven Digoel Distrik Mandobo Situs Sejarah 4. Taman Makam Pahlawan (Perintis) Distrik Mandobo Situs Sejarah 5. Tanah Tinggi Maryam Distrik Mandobo Situs Sejarah 6. Tugu Monumen Bung Hatta Distrik Mandobo Situs Sejarah 7. Pulau Ikan Ampera Distrik Mandobo Wisata Alam 8. Gua Bunda Maria Distrik Mandobo Wisata Rohani 9. Tempat Jajanan Kuliner & Kerajinan Distrik Mandobo Wisata Kuliner 10. Danau Wegi Boma Bomakia II Distrik Bomakia Wisata Alam 11. Patung Uni Mimio Distrik Bomakia Sejarah Budaya 12. Pulau Terek Distrik Subur Wisata Alam 13. Gua Bunda Maria Kandon Kakuna Distrik Mindiptana Wisata Rohani 14. Kebun Raya Kelapa Sawit Distrik Jair Agro Wisata 15. Air Terjun Kun Distrik Iniyandit Wisata Alam 16. Air Terjun Atakat Distrik Iniyandit Wisata Alam 17. Goa Bunda Maria Autriop Distrik Iniyandit Wisata Rohani 18. Air Terjun Aman D. Tayon Distrik Arimop Wisata Alam 19. Pemancingan Kali Munum Desa Patriot Distrik Arimop Eko Wisata 20. Air Terjun Kali Komen Distrik Waropko Wisata Alam 21. Gunung Koreom Distrik Ambatkwi Tirta / Waterfall 22. Aliran Sungai Digoel Boven Digoel Wisata Alam 23. Dermaga Pelangi Distrik Mandobo Wisata Buatan  Sumber : Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga, 2019

Baca juga  Info CLC - PKBM Pendaftaran Sekolah paket ABC kota Cilegon
Tanah Tinggi

Dan dibawah ini adalah Informasi tentang kelompok belajar (CLC) atau  PKBM,  Sekolah Paket ABC yang ada di Kab. Boven Digoel Provinsi Papua saat ini ada 21  PKBM, tersebar di 17 kecamatan.

Data Kelompok Belajar Masyarakat 

Dari Informasi data pokok pendidikan nasional (Dapodikmas) Kemdikbud, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM yang ada di daerah  Kab. Boven Digoel Provinsi Papua antara lain adalah:

PKBM Aumkomkor

 Kamp Somi, Somi, Kec. Bomakia, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM MINDIPTANA

 Kamp Awayanka, AWAYANKA, Kec. Mindiptana, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM Brakbutan

 Jl. Kali Pes , Subur, Kec. Subur, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM CENDRAWASIH

 GETENTIRI, Getentiri, Kec. Jair, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM Merpati Putih

 Camp Pop 19, Butiptiri, Kec. Jair, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM Nusantara Asiki

 Asiki, Butiptiri, Kec. Jair, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM AMPERA

 KAMPUNG AMPERA, Mariam, Kec. Mandobo, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM Persatuan

 Tanah Merah, Mariam, Kec. Mandobo, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM Sokanggo Tanah Merah

 Sokanggo, Mariam, Kec. Mandobo, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM MANGGELUM

 MANGGELUM, Manggelum, Kec. Manggelum, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM AMBATKWI

 ANYUMKA, Anyumka, Kec. Ambatkwi, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM ARIMOP

 WAKEREOP, Ujung, Kec. Arimop, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM Woropko

 Upyetteko, Inggembit, Kec. Woropko, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM Jokowi JK

 Kampung Yaniruma, Yaniruma, Kec. Yaniruma, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM DIASPOLABORASI

 KAWAGIT, Biwage 2, Kec. Kawagit, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM KIA

 UJUNG KIA, Watemu, Kec. Ki, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM KOMBUT

 KOMBUT, KOMBUT, Kec. Kombut, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM KOMAJA

 KAMPUNG KOUH, Kouh, Kec. Kouh, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM FIRIWAGE

 FIRIWAGE, Firiwage, Kec. Firiwage, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM ISIKI

 IKISI, Bangun, Kec. Fofi, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

PKBM INIYANDIT

 LANGGOAN, Langgoan, Kec. Iniyandit, Kab. Boven Digoel Prov. Papua,

Apa itu Community Learning Center – CLC atau PKBM?

CLC Indonesia adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM – yaitu lembaga pendidikan non formal (PNF)  yang memberikan layanan pendidikan kesetaraan, Paket A, Paket B, dan Paket C dengan konsep merdeka belajar.

Sebagai Community Learning Center (CLC) sesuai amanat PBB bahwa pendidikan model PKBM selain bebas usia, adalah untuk meningkatkan literasi (baca, tulis, dan hitung). 

Baca juga  Pendaftaran Paket C Ciputat Kota Tangerang Selatan

CLC  di Indonesia namanya PKBM membantu masyarakat untuk melanjutkan pendidikan baik yang tertunda maupun memilih PKBM sebagai jalur pendidikannya agar bisa kuliah, kerja, atau ke luar negeri, bahkan untuk berwirausaha. CLC  siap membantu merancang program anda.

Apa itu PKBM?

​Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM adalah fasilitas pendidikan yang disediakan untuk menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi warga masyarakat. 

PKBM juga memfasilitasi warga agar dapat mengikuti ujian kesetaraan melalui program Paket A, B dan paket C.

Sekolah paket C atau PKBM di    Kab. Boven Digoel

 Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Berikut  ini Informasi tentang progam layanan CLC, dan info pendaftaran kejar  paket ABC (PKBM) terdekat di Kab. Boven Digoel Provinsi Papua.

Program Layanan Community Learning Center (CLC) 

Program layanan: 

HomeSchooling, kelompok belajar (kejar) Paket A, Paket B, Paket C, Pendidikan Kesetaraan.

Community school

HomeSchooling

Indo CLC Siap menjadi mitra para homeschooler yang mendidik putra-putrinya di rumah. Silakan untuk mendaftar agar legalitas anaknya dapat terjamin dan legal selama masa menjalani belajar homeschooling.

Kejar Paket A

Sekolah Paket A CLC adalah Setara SD mata pelajaran (mapel) yang diampu sama dengan sekolah dasar ditambah dengan  mapel pemberdayaan dan keterampilan. 

Sekolah paket A bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SD biasa, yaitu mendalami ilmu-ilmu dasar dalam memahami kehidupan.

Kejar Paket B

Sekolah kejar Paket B di CLC Indonesiw  adalah  Setara SMP,  mapel yang dipelajari sama dengan sekolah menengah pertama dan  ditambah dengan mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah paket B di PKBM  bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMP biasa, yaitu mendalami ilmu untuk bekal bekerja.

Paket C

Sekolah Paket C di PKBM adalah Setara SMA mapel yang dipelajari sama dengan SMA ditambah  mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah Paket C di PKBM bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMA biasa.

Berapa biaya sekolah kejar paket C? 

Biaya setiap PKBM berbeda-beda tergantung fasilitas yang dimiliki serta program keterampilan yang diberikan oleh PKBM.

 Adapun tujuan utama  program Paket C di CLC adalah agar warga belajar siap berwirausaha dan/atau melanjutkan kuliah.

Pendidikan Kesetaraan

CLC (PKBM) di Indonesia juga Menerima pindahan sekolah dari sekolah formal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dari luar negeri dengan penyetaraan ijazah.

Baca juga  Saat Presiden Jokowi Tepati Janji Pada Anak-Anak Papua

Awal tahun pembelajaran ini karena masih ada wabah covid-19 maka penerimaan dan pendaftaran siswa sekolah paket ABC baru/pindahan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan Paket C di PKBM dilaksanakan secara daring (online).

Silahkan menghubungi PKBM sekolah kejar Paket ABC yang terdekat di Provinsi Papua

Agar proses pendaftaran siswa berjalan sukses maka sebelumnya harus dipersiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk file foto.

DOKUMEN PERSYARATAN PENDAFTARAN SISWA PAKET KESETARAAN

Adapun dokumen persyaratan yang diperlukan sangat sederhana, yaitu :

Dokumen Persyaratan Paket C (setara SMA) : Foto Ijazah Terakhir (SMP/MTs/Paket B), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket B (setara SMP) : Foto Ijazah Terakhir (SD/MI/Paket A), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket A (setara SD) : Foto Akte Lahir dan Kartu Keluarga. .

Dan bagi siswa masuk di kelas tengah atau pindahan ditambah persyaratan melampirkan raport persemester hasil belajar studi nya.

Selanjutnya kamu silahkan menghubungi sekolah yang terdekat di Provinsi Papua, Dan Sekolah paket C (PKBM) di Kab. Boven Digoel

 Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Dimana Saya Bisa Mendaftar PKBM Paket C terdekat di .    Kab. Boven Digoel Tahun ini? Silahkan hubungi PKBM terdekat.

Atau kamu dapat juga daftar secara online dengan mengunjungi link Form PPDB Online (disini) atau 

Form Daftar Sekolah Paket Promo Merdeka Belajar (disini…..) dan mengisi seluruh kolom informasi pendaftaran yang tersedia dengan selengkap-lengkapnya. Dan diakhiri dengan mengklik tombol : Daftar Sekarang.

Demikianlah informasi tentang pendaftaran program kejar paket A, kejar paket B, kejar Paket C di Kab. Boven Digoel Provinsi Papua.

Salam merdeka belajar!

* Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare, terima kasih 

.http://indoclc.com

Referensi 

https://bovendigoelkab.go.id/halaman/sejarah

6 Tempat Wisata Di Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel

Under Tag:

Indonesia Community Learning Center, indoclc, CLC, info clc, PKBM, Save Dikmas, PNFI, Paud, LKP, Homeschooling, pkbm Boven Digoel, pkbm Provinsi Papua, Sekolah Paket C Kab Boven Digoel, Ijazah Paket C Kab Boven Digoel, Kejar Paket C Kab Boven Digoel, Kejar Paket  Kab Boven Digoel, Paket A  Kab Boven Digoel, Paket B Kab Boven Digoel, Paket C Provinsi Papua, Paket C Kab Boven Digoel, Ujian Kesetaraan Kab Boven Digoel, Ujian Paket C  Kab Boven Digoel, Provinsi Papua, Ujian Paket  Kab Boven Digoel Provinsi Papua, Ujian Persamaan  Kab Boven Digoel,Provinsi Papua, biaya kejar paket c, paket c gratis, wonderfullindonesia,Boven Digoel , clcindonesia, pkbmindonesia, 

Leave a Reply