Categories
Artikel Papua PKBM

Info CLC PKBM dan Wisata di Kab. Deiyai Provinsi Papua

Informasi tentang kelompok belajar (CLC) atau PKBM, Sekolah Paket ABC yang ada di Kab. Deiyai Provinsi Papua saat ini ada 2 PKBM.

Profil Kabupaten Deiyai
adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua, Indonesia. Dulunya pernah menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Paniai. Kabupaten ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, pada 29 Oktober 2008. Dasar hukum pembentukan kabupaten ini adalah Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 55. Pusat pemerintahan berada di Tigi.
Kabupaten Deiyai mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut :
Batas Utara: Distrik Yatamo Kabupaten Paniai,

Batas Selatan: Distrik Mimika Timur dan Distrik Mimika Barat Kabupaten Mimika,

Batas Barat: Distrik Kamu Selatan dan Distrik Kamu Timur Kabupaten Dogiyai,

Batas Timur: Distrik Paniai Timur Kabupaten Paniai

Destinasi Wisata Terbaik di Kabupaten Deiyai

Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik di Deiyai, Provinsi Papua. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer, Kekinian dan Paling Hits yang Layak Anda Kunjungi untuk Petualangan Liburan yang Seru, yaitu
Waghete, Momaikago, Bukit Bobaigo, Pantai Duamo,Telaga Pantai Berbatu, Telaga Tigi, Pulau Yugaitegee, Pulau Duamo, Telaga Tage, Telaga Paniai, Kampung Suku Mee.

Danau tigi papua
Danau tigi papua

Image Credit: Google Maps (Ruddy Karundeng)

Salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Deiyai adalah Danau Tigi. Sebuah cerita menarik dikalangan masyarakat Tigi, Kabupaten Deiyai. Disana terdapat Danau Tigi, danau yang memiliki kedalaman 150 meter merupakan ladang mencari nafkah bagi masyarakat setempat. Belakangan ini ditumbuhi lumut hingga menutup semua aktivitas warga di sana. Danau Tigi yang terbentang ditengah Lembah Tigi, Kabupaten Deiyai, oleh masyarakat setempat dipandang sebagai sebuah ladang subur yang dapat memberikan nafkah dan mempertahankan hidup. Danau ini menjadi idola bagi mereka, selain danau itu memberikan kelangsungan hidup juga memberikan suasana yang sejuk bagi siapa saja yang memandang dan melintasi wilayah itu karena panorama yang pesona.

Cerita asal usul danau itu kini masih menjadi rahasia bagi masyarakat lokal. Karena memiliki nilai-nilai kesakralan tersendiri.Danau ini terdapat ikan air tawar semisal ikan emas, lele, dan nila, atau kerap kali disebut ikan mujair. Danau ini juga sebelumnya hanya terdapat udang, namun perkembangan berjalan terus oleh para misionaris asal Belanda memasukan ikan jenis emas sehingga ikanpun berkembang. Bahkan hingga sekarang danau ini tidak ada udang. Ironisnya sejak tahun 2010 hingga saat ini warga yang selalu menjala ikan baik dengan cara mendecok mengunakan pukat asli (ebay) dan juga memancing tidak lagi.

Baca juga  PKBM TBM PAUD

Dan dibawah ini adalah Informasi tentang kelompok belajar (CLC) atau PKBM, Sekolah Paket ABC yang ada di Kab. Deiyai Provinsi Papua saat ini ada 2 PKBM.

Data Kelompok Belajar Masyarakat
Dari Informasi data pokok pendidikan nasional (Dapodikmas) Kemdikbud, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM yang ada di daerah Kab. Deiyai Provinsi Papua antara lain adalah:

  1. PKBM YUPIWO
    JL. TRANS KAMPUNG EGEPAKIGIDA, Egepakigida, Kec. Tigi Timur, Kab. Deiyai Prov. Papua,

PKBM OKOMOKEBO
KP.OKOMOKEBO DISTRIK TIGI, Waghete II, Kec. Tigi, Kab. Deiyai Prov. Papua

Apa itu Community Learning Center – CLC atau PKBM?
CLC Indonesia adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM – yaitu lembaga pendidikan non formal (PNF) yang memberikan layanan pendidikan kesetaraan, Paket A, Paket B, dan Paket C dengan konsep merdeka belajar.

Sebagai Community Learning Center (CLC) sesuai amanat PBB bahwa pendidikan model PKBM selain bebas usia, adalah untuk meningkatkan literasi (baca, tulis, dan hitung).

CLC di Indonesia namanya PKBM membantu masyarakat untuk melanjutkan pendidikan baik yang tertunda maupun memilih PKBM sebagai jalur pendidikannya agar bisa kuliah, kerja, atau ke luar negeri, bahkan untuk berwirausaha. CLC siap membantu merancang program anda.

Apa itu PKBM?
​Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM adalah fasilitas pendidikan yang disediakan untuk menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi warga masyarakat.

PKBM juga memfasilitasi warga agar dapat mengikuti ujian kesetaraan melalui program Paket A, B dan paket C.

Sekolah paket C atau PKBM di Kab. Deiyai
Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Berikut ini Informasi tentang progam layanan CLC, dan info pendaftaran kejar paket ABC (PKBM) terdekat di Kab. Deiyai Provinsi Papua.

Baca juga  Festival Setara Hari Aksara Internasional (HAI) 2021

Program Layanan Community Learning Center (CLC)

Program layanan:
HomeSchooling, kelompok belajar (kejar) Paket A, Paket B, Paket C, Pendidikan Kesetaraan.

Community school

HomeSchooling
Indo CLC Siap menjadi mitra para homeschooler yang mendidik putra-putrinya di rumah. Silakan untuk mendaftar agar legalitas anaknya dapat terjamin dan legal selama masa menjalani belajar homeschooling.

Kejar Paket A
Sekolah Paket A CLC adalah Setara SD mata pelajaran (mapel) yang diampu sama dengan sekolah dasar ditambah dengan mapel pemberdayaan dan keterampilan.

Sekolah paket A bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SD biasa, yaitu mendalami ilmu-ilmu dasar dalam memahami kehidupan.

Kejar Paket B
Sekolah kejar Paket B di CLC Indonesiw adalah Setara SMP, mapel yang dipelajari sama dengan sekolah menengah pertama dan ditambah dengan mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah paket B di PKBM bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMP biasa, yaitu mendalami ilmu untuk bekal bekerja.

Paket C
Sekolah Paket C di PKBM adalah Setara SMA mapel yang dipelajari sama dengan SMA ditambah mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah Paket C di PKBM bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMA biasa.

Berapa biaya sekolah kejar paket C?
Biaya setiap PKBM berbeda-beda tergantung fasilitas yang dimiliki serta program keterampilan yang diberikan oleh PKBM.

Adapun tujuan utama program Paket C di CLC adalah agar warga belajar siap berwirausaha dan/atau melanjutkan kuliah.

Pendidikan Kesetaraan
CLC (PKBM) di Indonesia juga Menerima pindahan sekolah dari sekolah formal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dari luar negeri dengan penyetaraan ijazah.

Awal tahun pembelajaran ini karena masih ada wabah covid-19 maka penerimaan dan pendaftaran siswa sekolah paket ABC baru/pindahan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan Paket C di PKBM dilaksanakan secara daring (online).

Silahkan menghubungi PKBM sekolah kejar Paket ABC yang terdekat di Provinsi Papua

Agar proses pendaftaran siswa berjalan sukses maka sebelumnya harus dipersiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk file foto.

Baca juga  Info CLC PKBM dan Wisata di Kab. Biak Numfor Provinsi Papua

DOKUMEN PERSYARATAN PENDAFTARAN SISWA PAKET KESETARAAN
Adapun dokumen persyaratan yang diperlukan sangat sederhana, yaitu :

Dokumen Persyaratan Paket C (setara SMA) : Foto Ijazah Terakhir (SMP/MTs/Paket B), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket B (setara SMP) : Foto Ijazah Terakhir (SD/MI/Paket A), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket A (setara SD) : Foto Akte Lahir dan Kartu Keluarga. .

Dan bagi siswa masuk di kelas tengah atau pindahan ditambah persyaratan melampirkan raport persemester hasil belajar studi nya.

Selanjutnya kamu silahkan menghubungi sekolah yang terdekat di Provinsi Papua, Dan Sekolah paket C (PKBM) di Kab. Deiyai
Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Dimana Saya Bisa Mendaftar PKBM Paket C terdekat di . Kab. Deiyai Tahun ini? Silahkan hubungi PKBM terdekat.

Atau kamu dapat juga daftar secara online dengan mengunjungi link Form PPDB Online (disini) atau

Form Daftar Sekolah Paket Promo Merdeka Belajar (disini…..) dan mengisi seluruh kolom informasi pendaftaran yang tersedia dengan selengkap-lengkapnya. Dan diakhiri dengan mengklik tombol : Daftar Sekarang.

Demikianlah informasi tentang pendaftaran program kejar paket A, kejar paket B, kejar Paket C di Kab. Deiyai Provinsi Papua.

Salam merdeka belajar!

* Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare, terima kasih
http://indoclc.com

Referensi :
https://www.deiyaikab.go.id/mob/page/2/Profil.

Under Tag:
Indonesia Community Learning Center, indoclc, CLC, info clc, PKBM, Save Dikmas, PNFI, Paud, LKP, Homeschooling, pkbm Deiyai, pkbm Provinsi Papua, Sekolah Paket C Kab. Deiyai
Ijazah Paket C Kab. Deiyai, Kejar Paket C Kab. Deiyai, Kejar Paket Kab. Deiyai, Paket A Kab. Deiyai, Paket B Kab. Deiyai, Paket C Provinsi Papua, Paket C Kab. Deiyai, Ujian Kesetaraan Kab. Deiyai, Ujian Paket C Kab. Deiyai
Provinsi Papua, Ujian Paket Kab. Deiyai Provinsi Papua, Ujian Persamaan Kab. Deiyai
Provinsi Papua, biaya kejar paket c, wonderfullindonesia, clcindonesia, pkbmindonesia,