Categories
Artikel PKBM

Info CLC PKBM dan Wisata Daerah Kab. Sarmi Provinsi Papua

SARMI, merupakan singkatan dari nama suku-suku besar, yakni Sobey, Armati, Rumbuai, Manirem, dan Isirawa.

Profil Kabupaten Sarmi

SARMI, yang merupakan singkatan dari nama suku-suku besar, yakni Sobey, Armati, Rumbuai, Manirem, dan Isirawa. Keberadaan mereka telah lama menjadi perhatian antropolog Belanda, Van Kouhen Houven, yang kemudian memberikan nama Sarmi. Singkatan Sarmi sebenarnya belum mencerminkan suku-suku di sana mengingat di wilayah ini terdapat 87 bahasa yang dipergunakan. Dari bahasa yang ada, paling tidak bisa disimpulkan terdapat 87 suku, dan setiap suku mempunyai bahasa sendiri-sendiri.

Sebelumnya, Sarmi lebih dikenal sebagai nama sebuah distrik, setingkat kecamatan, di Kabupaten Jayapura. Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2002 yang dikeluarkan pada tanggal, 11 Desember 2002 memekarkan Kabupaten Jayapura menjadi tiga kabupaten, yaitu Jayapura, Keerom, dan Sarmi.

Tempat Wisata di Sarmi

Bentuk topografi wilayah yang berupa dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan dan pesisir inilah yang membuat kabupaten sarmi memiliki banyak sekali objek wisata menarik. Tempat wisata yang dimiliki terdiri dari wisata religi, wisata bahari, wisata budaya dan wisata alam. Berikut daftar tempat wisata hits di Sarmi yang bisa Anda pilih.

Monumen Tugu Yamagata

Tugu ini dibangun sebagai tanda persahabatan antara pihak Yamagata Prefecture dengan Papua. Selain itu juga dilambangkan sebagai tugu perdamaian guna mengenang Perang Dunia II. Pada perang tersebut banyak pasukan Jepang yang tewas berguguran sehingga dibangunlah tugu ini. Perang Dunia II yang terjadi di Papua biasa dikenal sebagai Perang Pasifik.

Kampung Wisata Beneraf Kampung ini memiliki keunikan dibanding kampung lainnya. Keunikan tersebut ialah kampung ini merupakan kampung wisata sejarah yang bernama Beneraf. Pada kampung ini ditemukan sebuah situs hunian dari prasejarah. Temuan tersebut ditemukan oleh Balai Arkeologi Papua. Temuan di kampung ini diantaranya yakni perkakas dari masa lampau seperti kapak batu dan gerabah.

Kampung Sawar 

Di kampung ini terdapat suku bernama Sobey. Dimana suku ini menganut sebuah tradisi mengenai pelarangan untuk warganya menangkap ikan di tempat-tempat tertentu. Tradisi larangan yang dimiliki suku tersebut dinamakan Vetraw. Vetraw dalam bahasa Sobey mengandung arti larangan akan beberapa kawasan.

Pulau Liki

Pulau yang berbatasan dengan negara Papua Nugini ini merupakan pulau terluar negara Indonesia. Pulau ini berada di Samudera Pasifik dan pulau ini ialah pulau paling timur dari negara Indonesia. Di pulau ini juga didiami oleh suku Sobey. Selain suku Sobey, pulau Liki juga didiami oleh beberapa marga seperti Kiman, Theno, Weirau, Esries dan Morsau.

Pulau Wakde

Pulau ini sempat diduduki oleh pasukan Jepang pada masa Perang Dunia II. Sejak tahun 1942 tepatnya pada April, pulau ini juga dijadikan sebagai pangkalan militer. Namun, pada tahun 1944 bulan Mei pihak dari Amerika Serikat datang mengambil alih pulau ini. Lalu di tahun 2005 bulan September ditemukannya beberapa peninggalan tentara Jepang dan penduduk Papua pada pulau ini.

Baca juga   Info CLC PKBM Indonesia   Kab. Mimika Provinsi Papua

Pantai Kelapa Satu

Pantai ini memiliki ombak yang tinggi dan teratur. Maka tidak heran jika kota ini mendapatkan julukan Kota Ombak. Alasan mengapa dijuluki sebagai kota ombak karena bagian utara dari wilayah ini berbatasan dengan Samudera Pasifik. Sebelumnya di tahun 2000 sempat terdengar kabar jika ombak di pantai ini dikenal sangat ganas.

 KONDISI GEOGRAFIS

Kabupaten Sarmi memiliki luas wilayah 35.587 km2. Terbagi menjadi 8 kecamatan dengan Sarmi sebagai ibukota kabupaten. Wilayahnya sendiri berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah utara, kabupaten Tolikara di sebelah selatan, Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Waropen di sebelah barat, dan kabupaten Jayapura di sebelah timur.

Komoditas wilayah ini yang berhasil menembus ke pasar luar daerah adalah kakao dan kelapa dalam yang sudah dikeringkan dalam bentuk kopra. Komoditas ini di kirim ke Surabaya dan Makassar. Kelapa tumbuh tidak tidak hanya di daratan Sarmi, tetapi juga disejumlah pulau di depan Sarmi. Sarmi memang menjadi satu satunya kabupaten di Papua yang memiliki potensi kelapa rakyat sangat luas menyusul Kabupaten Biak Numfor. Meskipun kelapa ini sebagian besar tumbuh secara alamiah di pesisir pantai, dan sungai-sungai, tumbuhan ini terlihat sangat teratur dan terkesan seperti perkebunan luas.Potensi hutan daerah ini juga sangat menjanjikan. Luas hutan produksi diperkirakan 54.000 hektar.

Dan dibawah ini adalah Informasi tentang kelompok belajar (CLC) atau  PKBM,  Sekolah Paket ABC yang ada di Kab. Sarmi Provinsi Papua.

Data Kelompok Belajar Masyarakat 

Dari Informasi data pokok pendidikan nasional (Dapodik) Kemdikbud, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM yang ada di daerah  Kab. Sarmi Provinsi Papua antara lain adalah:

PKBM MUTUK

 Kampung Kasuwe, Kasukwe, Kec. Sarmi Selatan, Kab. Sarmi Prov. Papua,

 PKBM TUNAS BARU

 Kampung Ebram Kec Sarmi Timur, Ebram, Kec. Sarmi Timur, Kab. Sarmi Prov. Papua,

PKBM SINAR KASIH

 TRANS BONGGO-SARMI, -, Kec. Bonggo Timur, Kab. Sarmi Prov. Papua,

Apa itu Community Learning Center – CLC atau PKBM?

CLC Indonesia adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM – yaitu lembaga pendidikan non formal (PNF)  yang memberikan layanan pendidikan kesetaraan, Paket A, Paket B, dan Paket C dengan konsep merdeka belajar.

Baca juga  Info CLC - PKBM di Ciledug Tangerang

Sebagai Community Learning Center (CLC) sesuai amanat PBB bahwa pendidikan model PKBM selain bebas usia, adalah untuk meningkatkan literasi (baca, tulis, dan hitung). 

CLC  di Indonesia namanya PKBM membantu masyarakat untuk melanjutkan pendidikan baik yang tertunda maupun memilih PKBM sebagai jalur pendidikannya agar bisa kuliah, kerja, atau ke luar negeri, bahkan untuk berwirausaha. CLC  siap membantu merancang program anda.

Apa itu PKBM?

​Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM adalah fasilitas pendidikan yang disediakan untuk menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi warga masyarakat. 

PKBM juga memfasilitasi warga agar dapat mengikuti ujian kesetaraan melalui program Paket A, B dan paket C.

Sekolah paket C atau PKBM di    Kab. Sarmi Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Berikut  ini Informasi tentang progam layanan CLC, dan info pendaftaran kejar  paket ABC (PKBM) terdekat di Kab. Sarmi Provinsi Papua.

Program Layanan Community Learning Center (CLC) 

Program layanan: 

HomeSchooling, kelompok belajar (kejar) Paket A, Paket B, Paket C, Pendidikan Kesetaraan.

Community school

HomeSchooling

Indo CLC Siap menjadi mitra para homeschooler yang mendidik putra-putrinya di rumah. Silakan untuk mendaftar agar legalitas anaknya dapat terjamin dan legal selama masa menjalani belajar homeschooling.

Kejar Paket A

Sekolah Paket A CLC adalah Setara SD mata pelajaran (mapel) yang diampu sama dengan sekolah dasar ditambah dengan  mapel pemberdayaan dan keterampilan. 

Sekolah paket A bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SD biasa, yaitu mendalami ilmu-ilmu dasar dalam memahami kehidupan.

Kejar Paket B

Sekolah kejar Paket B di CLC Indonesiw  adalah  Setara SMP,  mapel yang dipelajari sama dengan sekolah menengah pertama dan  ditambah dengan mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah paket B di PKBM  bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMP biasa, yaitu mendalami ilmu untuk bekal bekerja.

Paket C

Sekolah Paket C di PKBM adalah Setara SMA mapel yang dipelajari sama dengan SMA ditambah  mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah Paket C di PKBM bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMA biasa.

 Adapun tujuan utama  program Paket C di CLC adalah agar warga belajar siap berwirausaha dan/atau melanjutkan kuliah.

Pendidikan Kesetaraan

CLC (PKBM) di Indonesia juga Menerima pindahan sekolah dari sekolah formal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dari luar negeri dengan penyetaraan ijazah.

Baca juga  Info CLC - PKBM kec Jambe  kabupaten Tangerang  Banten

Awal tahun pembelajaran ini karena masih ada wabah covid-19 maka penerimaan dan pendaftaran siswa sekolah paket ABC baru/pindahan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan Paket C di PKBM dapat dilaksanakan secara daring (online).

Silahkan menghubungi PKBM sekolah kejar Paket ABC yang terdekat di Provinsi Papua

Agar proses pendaftaran siswa berjalan sukses maka sebelumnya harus dipersiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk file foto.

DOKUMEN PERSYARATAN PENDAFTARAN SISWA PAKET KESETARAAN

Adapun dokumen persyaratan yang diperlukan sangat sederhana, yaitu :

Dokumen Persyaratan Paket C (setara SMA) : Foto Ijazah Terakhir (SMP/MTs/Paket B), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket B (setara SMP) : Foto Ijazah Terakhir (SD/MI/Paket A), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket A (setara SD) : Foto Akte Lahir dan Kartu Keluarga. .

Dan bagi siswa masuk di kelas tengah atau pindahan ditambah persyaratan melampirkan raport persemester hasil belajar studi nya.

Selanjutnya kamu silahkan menghubungi sekolah yang terdekat di Provinsi Papua, Dan Sekolah paket C (PKBM) di Kab. Sarmi Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Dimana Saya Bisa Mendaftar PKBM Paket C terdekat di .    Kab. Sarmi  Tahun ini? Silahkan hubungi PKBM terdekat.

Atau kamu dapat juga daftar secara online dengan mengunjungi link Form PPDB Online (disini) atau 

Form Daftar Sekolah Paket Promo Merdeka Belajar (disini…..) dan mengisi seluruh kolom informasi pendaftaran yang tersedia dengan selengkap-lengkapnya. Dan diakhiri dengan mengklik tombol : daftar Sekarang.

Demikianlah informasi tentang pendaftaran program kejar paket A, kejar paket B, kejar Paket C di Kab. Sarmi

 Provinsi Papua.

Salam merdeka belajar!

* Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu 

http://indoclc.com

Under Tag:

Indonesia Community Learning Center, indoclc, CLC, PKBM, Save Dikmas, PNFI, Paud, LKP, Homeschooling, pkbm Sarmi, pkbm Provinsi papua, Kejar Paket C online, Sekolah Paket C Kab. Sarmi Ijazah Paket C Kab. Sarmi, Kejar Paket C Kab. Sarmi, Kejar Paket  Kab. Sarmi, Paket A  Kab. Sarmi, Paket B Kab. Sarmi, Paket C Provinsi Papua, Paket C Kab. Sarmi, Ujian Kesetaraan Kab. Sarmi, Ujian Paket C  Kab. Sarmi Provinsi Papua, Ujian Paket  Kab. Sarmi Provinsi Papua, Ujian Persamaan  Kab. Sarmi Provinsi Papua,