Categories
Artikel Papua PKBM

Info CLC PKBM dan Wisata di Kab. Puncak Provinsi Papua

Salah satu yang akan menarik perhatian dunia Kepariwisataan adalah Wisata Cartenz Pyramid di Kabupaten Puncak.

Profil Kabupaten Puncak

Kabupaten Puncak adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua, Indonesia. Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2008, bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lainnya di Papua. Peresmiannya dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Mardiyanto pada tanggal 21 Juni 2008. Kabupaten Puncak adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Puncak Jaya..

Menurut UU RI Nomor 7 Tahun 2008, Kabupaten Puncak beribukota di Ilaga terbagi dalam 80 Desa dan terdiri dari 8 distrik, yaitu:  Agadugume, Gome, Ilaga, Sinak, Pogoma, Wangbe, Beoga, Doufo.

 Kondisi Geografis

Kabupaten Puncak berbatasan dengan beberapa daerah sebagai berikut:

Sebelah Barat berbatasan dengan Distrik Sugapa, Distrik Agisiga, dan Kabupaten Paniai

Sebelah Timur berbatasan dengan Distrik Kuyawage, Distrik Fawi, Distrik Mewoluk, Distrik Mulia, Kabupaten Lanny Jaya, dan Kabupaten Puncak Jaya, Sebelah Utara berbatasan dengan Distrik Waropen Atas dan Kabupaten Mamberamo Raya, Sebelah Selatan berbatasan dengan Distrik Mimika Baru, Distrik Agimuga, dan Kabupaten Mimika.

Destinasi Wisata Kabupaten Puncak Papua

Industri pariwisata sekarang ini sedang dikembangkan dan didayagunakan untuk memperbesar devisa negara, memperluas lapangan kerja dan meratakan kesempatan berusaha terutama bagi masyarakat yang berada di lokasi wisata tersebut. Disamping itu, industri pariwisata juga berperan dalam mendorong Pembangunan Daerah serta memperkenalkan Alam dan Budaya Daerah yang sangat khas dan menarik. (What You see, What you buy) Oleh karena itu pembangunan industri pariwisata tidak dapat diarahkan untuk pembangunan ekonomi saja namun juga untuk Melestarikan Budaya dan Alam.

Di dalam RENCANA PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN, Provinsi Papua merupakan Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang sedang berkembang, dengan objek wisata yang beragam mulai dari Wisata Pantai sampai Wisata Pegunungan, Cagar Budaya dan objek wisata lainnya. Salah satu yang akan menarik perhatian dunia Kepariwisataan adalah Wisata Cartenz Pyramid di Kabupaten Puncak.

Dan dibawah ini adalah Informasi tentang kelompok belajar (CLC) atau  PKBM,  Sekolah Paket ABC yang ada di Kab. PuncakProvinsi Papua.

Rute Menuju Puncak Carstensz. Foto: www.idntimes.com
Sumber Air Panas di Distrik Ilaga Utara. Foto: puncakkab.go.id

Data Kelompok Belajar Masyarakat 

Baca juga  Info CLC  Sekolah Paket ABC  PKBM di Kec. Benda, Kota Tangerang  Prov. Banten

Dari Informasi data pokok pendidikan nasional (Dapodikmas) Kemdikbud, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM yang ada di daerah  Kab. Puncak Provinsi Papua antara lain adalah:

PKBM MATAHARI

 JALAN KAMPUNG GIGOBAK, GIGOBAK / GOGOBAK, Kec. Sinak, kab. Puncak Prov. Papua,

PKBM ANGUN OK

 Jalan Kampung Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Kimak, Kec. Ilaga, kab. Puncak Prov. Papua,

PKBM ILAGA

 JALAN KAMPUNG KIMAK, Kimak, Kec. Ilaga, kab. Puncak Prov. Papua,

PKBM ILAGA CERDAS SEJAHTERA

 Jalan Trikora, Kampung Ilambet, Kimak, Kec. Ilaga, kab. Puncak Prov. Papua,

PKBM KELABO

 JALAN RAYA ILAGA-SINAK, Kimak, Kec. Ilaga, kab. Puncak Prov. Papua,

PKBM DAMAL BERA

 Jalan Mirilaukin, Distrik Wangbe, Kab. Puncak, Marilaukin, Kec. Wangbe, kab. Puncak Prov. Papua,

Apa itu Community Learning Center – CLC atau PKBM?

CLC Indonesia adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM – yaitu lembaga pendidikan non formal (PNF)  yang memberikan layanan pendidikan kesetaraan, Paket A, Paket B, dan Paket C dengan konsep merdeka belajar.

Sebagai Community Learning Center (CLC) sesuai amanat PBB bahwa pendidikan model PKBM selain bebas usia, adalah untuk meningkatkan literasi (baca, tulis, dan hitung). 

CLC  di Indonesia namanya PKBM membantu masyarakat untuk melanjutkan pendidikan baik yang tertunda maupun memilih PKBM sebagai jalur pendidikannya agar bisa kuliah, kerja, atau ke luar negeri, bahkan untuk berwirausaha. CLC  siap membantu merancang program anda.

Apa itu PKBM?

​Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM adalah fasilitas pendidikan yang disediakan untuk menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi warga masyarakat. 

PKBM juga memfasilitasi warga agar dapat mengikuti ujian kesetaraan melalui program Paket A, B dan paket C.

Sekolah paket C atau PKBM di    Kab. Puncak

 Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Berikut  ini Informasi tentang progam layanan CLC, dan info pendaftaran kejar  paket ABC (PKBM) terdekat di Kab. Puncak Provinsi Papua.

Baca juga  Info CLC PKBM Indonesia   Kab. Membramo Tengah Provinsi Papua

Program Layanan Community Learning Center (CLC) 

Program layanan: 

HomeSchooling, kelompok belajar (kejar) Paket A, Paket B, Paket C, Pendidikan Kesetaraan.

Community school

HomeSchooling

Indo CLC Siap menjadi mitra para homeschooler yang mendidik putra-putrinya di rumah. Silakan untuk mendaftar agar legalitas anaknya dapat terjamin dan legal selama masa menjalani belajar homeschooling.

Kejar Paket A

Sekolah Paket A CLC adalah Setara SD mata pelajaran (mapel) yang diampu sama dengan sekolah dasar ditambah dengan  mapel pemberdayaan dan keterampilan. 

Sekolah paket A bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SD biasa, yaitu mendalami ilmu-ilmu dasar dalam memahami kehidupan.

Kejar Paket B

Sekolah kejar Paket B di CLC Indonesiw  adalah  Setara SMP,  mapel yang dipelajari sama dengan sekolah menengah pertama dan  ditambah dengan mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah paket B di PKBM  bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMP biasa, yaitu mendalami ilmu untuk bekal bekerja.

Paket C

Sekolah Paket C di PKBM adalah Setara SMA mapel yang dipelajari sama dengan SMA ditambah  mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah Paket C di PKBM bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMA biasa.

 Adapun tujuan utama  program Paket C di CLC adalah agar warga belajar siap berwirausaha dan/atau melanjutkan kuliah.

Pendidikan Kesetaraan

CLC (PKBM) di Indonesia juga Menerima pindahan sekolah dari sekolah formal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dari luar negeri dengan penyetaraan ijazah.

Awal tahun pembelajaran ini karena masih ada wabah covid-19 maka penerimaan dan pendaftaran siswa sekolah paket ABC baru/pindahan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan Paket C di PKBM dilaksanakan secara daring (online).

Silahkan menghubungi PKBM sekolah kejar Paket ABC yang terdekat di Provinsi Papua

Agar proses pendaftaran siswa berjalan sukses maka sebelumnya harus dipersiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk file foto.

Baca juga  Info CLC - PKBM kec Jambe  kabupaten Tangerang  Banten

DOKUMEN PERSYARATAN PENDAFTARAN SISWA PAKET KESETARAAN

Adapun dokumen persyaratan yang diperlukan sangat sederhana, yaitu :

Dokumen Persyaratan Paket C (setara SMA) : Foto Ijazah Terakhir (SMP/MTs/Paket B), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket B (setara SMP) : Foto Ijazah Terakhir (SD/MI/Paket A), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket A (setara SD) : Foto Akte Lahir dan Kartu Keluarga. .

Dan bagi siswa masuk di kelas tengah atau pindahan ditambah persyaratan melampirkan raport persemester hasil belajar studi nya.

Selanjutnya kamu silahkan menghubungi sekolah yang terdekat di Provinsi Papua, Dan Sekolah paket C (PKBM) di Kab. Puncak

 Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Dimana Saya Bisa Mendaftar PKBM Paket C terdekat di .    Kab. Puncak Tahun ini? Silahkan hubungi PKBM terdekat.

Atau kamu dapat juga daftar secara online dengan mengunjungi link Form PPDB Online (disini) atau 

Form Daftar Sekolah Paket Promo Merdeka Belajar (disini…..) dan mengisi seluruh kolom informasi pendaftaran yang tersedia dengan selengkap-lengkapnya. Dan diakhiri dengan mengklik tombol : Daftar Sekarang.

Demikianlah informasi tentang pendaftaran program kejar paket A, kejar paket B, kejar Paket C di Kab. Puncak Provinsi Papua.

Salam merdeka belajar!

* Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu 

http://indoclc.com

Referensi : https://seringjalan.com/tempat-wisata-di-kabupaten-puncak-jaya/

https://puncakkab.go.id/web

http://pidii.info/index.php?option=com_blox&view=layouts&layout_id=76&Itemid=404

Under Tag:

Indonesia Community Learning Center, indoclc, CLC, PKBM, Save Dikmas, PNFI, Paud, LKP, Homeschooling, pkbm Puncak, pkbm Provinsi Papua, Sekolah Paket C Kab. Puncak ijazah Paket C Kab. Puncak, Kejar Paket C Kab. Puncak, Kejar Paket  Kab. Puncak, Paket A  Kab. Puncak, Paket B Kab. Puncak, Paket C Provinsi Papua, Paket C Kab. Puncak, Ujian Kesetaraan Kab. Puncak, Ujian Paket C  Kab. Puncak provinsi Papua, Ujian Paket  Kab. Puncak Provinsi Papua, Ujian Persamaan  Kab. Puncak Provinsi Papua, wonderfullindonesia, clcindonesia, pkbmindonesia