Categories
Artikel PKBM

Info CLC PKBM dan Wisata Alam di Kab. Supiori Provinsi Papua

Ada 11 lokasi yang menarik yaitu, Pantai Sorendiweri, Pantai Warawe Nyiben, Pantai Wafor, Air Terjun Masriv, Air Terjun Wabudori, Pulau Brassi, Pulau Rani, Pulau Insumbabi, Pulau Mapia, Pantai Pariem, Kepulauan Padaido.

Profil Kabupaten Supiori

Kabupaten Supiori merupakan Kabupaten Pemekaran dari Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten yang dibentuk dengan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2003, mempunyai wilayah daratan dengan luas sebesar 704,24 Km2 dan wilayah perairan seluas 5.993 Km2. Wilayah Kabupaten Supiori sebagian besar terletak di Pulau Supiori dan sebagian lainnya di Pulau Biak.

 KONDISI GEOGRAFIS

Kabupaten Supiori terletak antara 0’55” – 1’31” lintang Selatan dan 134’67” – 136’48” Bujur Timur,

Luas Wilayah Supiori adalah 634,24 Km2.

Supiori Bagian Utara dibatasi oleh Samudera Pasifik,

Bagian Selatan berbatasan dengan Selat Yapen, Bagian Barat berbatasan dengan Selat Aruri, Bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Biak Numfor,

Pada daerah yang datar dan landai inilah masyarakat membangun pemukiman, berkebun, berladang dan melakukan aktifitas ekonomi lainnya.

Kondisi tanah pada umumnya merupakan perkembangan dari bahan induk dengan struktur batu kapur. Kondisi tanah yang saat ini cukup baik bagi pertumbuhan berbagai jenis tanaman. Sebagian tanah lainnya merupakan tanah yang cukup subur dan potensial untuk berbagai usaha tani, baik tanaman holtikultura, tanaman perkebunan maupun tanaman industri dan lain-lain.

Kondisi iklim, khususnya curah hujan cukup baik untuk mendukung usaha pertanian di daerah ini. Menurut klasifikasi smith dan fergusson iklim di Kabupaten Supiori termasuk tipe A/B dengan bulan basah terjadi selama 6 (enam) bulan, bulan lembab selama 4 (empat) bulan dan bulan kering selama 2 (dua) bulan.

Objek Wisata Daerah Supiori

Ada 11 lokasi yang menarik yaitu, Pantai Sorendiweri, Pantai Warawe Nyiben, Pantai Wafor, Air Terjun Masriv, Air Terjun Wabudori, Pulau Brassi, Pulau Rani, Pulau Insumbabi, Pulau Mapia, Pantai Pariem, Kepulauan Padaido.  Itulah rekomendasi tempat wisata yang seharusnya disinggahi saat memiliki kesempatan ke Supiori, Papua.

Peningkatan kebutuhan lahan bagi pembangunan ini akan menjadi ancaman terhadap kelestarian lingkungan hidup apabila tidak dikelola dengan baik.

Kelestarian berbagai fauna dan flora endemik/spesifik lokal seperti burung kakak tua raja jambul merah, kakak tua hitam jambul kuning, cenderawasih, kuskus dan berbagai jenis reptil, anggrek hitam dan berbagai spesias fauna dan flora lainnya akan terancam punah demikian pula dengan kelestarian terumbu karang, padang lamun, estuaria, dan ekosistem manggove akan mengalami ganguan yang serius.

Baca juga   Info CLC PKBM Indonesia Sekolah Paket di Kab. Paniai Provinsi Papua

Dan dibawah ini adalah Informasi tentang kelompok belajar (CLC) atau  PKBM,  Sekolah Paket ABC yang ada di Kab. Supiori

 Provinsi Papua.

Data Kelompok Belajar Masyarakat 

Dari Informasi data pokok pendidikan nasional (Dapodik) Kemdikbud, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM yang ada di daerah  Kab. Supiori Provinsi Papua antara lain adalah:

PKBM KAMASAN SOWEK

 Kampung Rayori, Rayori, Kec. Kepulauan Aruri, Kab. Supiori Prov. Papua,

PKBM SAMPARYAR

 Jln. Raya Sabarmiokre – Wapur, Waryei, Kec. Supiori Barat, Kab. Supiori Prov. Papua,

PKBM SEWINI

 KORIDO, Awaki, Kec. Supiori Selatan, Kab. Supiori Prov. Papua,

PKBM WAJAR SATU

 Jln. Raya Korido – Aminweri, Yawerma, Kec. Supiori Timur, Kab. Supiori Prov. Papua,

PKBM KAPASI YENGGARBUN

 Jln. Raya Yenggarbun, Warsa, Kec. Supiori Utara, Kab. Supiori Prov. Papua,

PKBM MAMBARYAS ARWO NEYUNDI

 Jln. Raya Nyeundi – Yenggarbun, Fanjur, Kec. Supiori Utara, Kab. Supiori Prov. Papua

Apa itu Community Learning Center – CLC atau PKBM?

CLC Indonesia adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM – yaitu lembaga pendidikan non formal (PNF)  yang memberikan layanan pendidikan kesetaraan, Paket A, Paket B, dan Paket C dengan konsep merdeka belajar.

Sebagai Community Learning Center (CLC) sesuai amanat PBB bahwa pendidikan model PKBM selain bebas usia, adalah untuk meningkatkan literasi (baca, tulis, dan hitung). 

CLC  di Indonesia namanya PKBM membantu masyarakat untuk melanjutkan pendidikan baik yang tertunda maupun memilih PKBM sebagai jalur pendidikannya agar bisa kuliah, kerja, atau ke luar negeri, bahkan untuk berwirausaha. CLC  siap membantu merancang program anda.

Apa itu PKBM?

​Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM adalah fasilitas pendidikan yang disediakan untuk menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi warga masyarakat. 

PKBM juga memfasilitasi warga agar dapat mengikuti ujian kesetaraan melalui program Paket A, B dan paket C.

Sekolah paket C atau PKBM di    Kab. Supiori

 Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Baca juga  Prosedur Operasional Standar Penyelenggaran Ujian Pendidikan Kesetaraan

Berikut  ini Informasi tentang progam layanan CLC, dan info pendaftaran kejar  paket ABC (PKBM) terdekat di Kab. Supiori Provinsi Papua.

Program Layanan Community Learning Center (CLC) 

Program layanan: 

HomeSchooling, kelompok belajar (kejar) Paket A, Paket B, Paket C, Pendidikan Kesetaraan.

Community school

HomeSchooling

Indo CLC Siap menjadi mitra para homeschooler yang mendidik putra-putrinya di rumah. Silakan untuk mendaftar agar legalitas anaknya dapat terjamin dan legal selama masa menjalani belajar homeschooling.

Kejar Paket A

Sekolah Paket A CLC adalah Setara SD mata pelajaran (mapel) yang diampu sama dengan sekolah dasar ditambah dengan  mapel pemberdayaan dan keterampilan. 

Sekolah paket A bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SD biasa, yaitu mendalami ilmu-ilmu dasar dalam memahami kehidupan.

Kejar Paket B

Sekolah kejar Paket B di CLC Indonesiw  adalah  Setara SMP,  mapel yang dipelajari sama dengan sekolah menengah pertama dan  ditambah dengan mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah paket B di PKBM  bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMP biasa, yaitu mendalami ilmu untuk bekal bekerja.

Paket C

Sekolah Paket C di PKBM adalah Setara SMA mapel yang dipelajari sama dengan SMA ditambah  mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah Paket C di PKBM bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMA biasa.

 Adapun tujuan utama  program Paket C di CLC adalah agar warga belajar siap berwirausaha dan/atau melanjutkan kuliah.

Pendidikan Kesetaraan

CLC (PKBM) di Indonesia juga Menerima pindahan sekolah dari sekolah formal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dari luar negeri dengan penyetaraan ijazah.

Awal tahun pembelajaran ini karena masih ada wabah covid-19 maka penerimaan dan pendaftaran siswa sekolah paket ABC baru/pindahan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan Paket C di PKBM dilaksanakan secara daring (online).

Silahkan menghubungi PKBM sekolah kejar Paket ABC yang terdekat di Provinsi Papua

Baca juga  Kelahiran PKBM di Indonesia

Agar proses pendaftaran siswa berjalan sukses maka sebelumnya harus dipersiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk file foto.

DOKUMEN PERSYARATAN PENDAFTARAN SISWA PAKET KESETARAAN

Adapun dokumen persyaratan yang diperlukan sangat sederhana, yaitu :

Dokumen Persyaratan Paket C (setara SMA) : Foto Ijazah Terakhir (SMP/MTs/Paket B), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket B (setara SMP) : Foto Ijazah Terakhir (SD/MI/Paket A), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket A (setara SD) : Foto Akte Lahir dan Kartu Keluarga. .

Dan bagi siswa masuk di kelas tengah atau pindahan ditambah persyaratan melampirkan raport persemester hasil belajar studi nya.

Selanjutnya kamu silahkan menghubungi sekolah yang terdekat di Provinsi Papua, Dan Sekolah paket C (PKBM) di Kab. Supiori

 Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Dimana Saya Bisa Mendaftar PKBM Paket C terdekat di .    Kab. Supiori Tahun ini? Silahkan hubungi PKBM terdekat.

Atau kamu dapat juga daftar secara online dengan mengunjungi link Form PPDB Online (disini) atau 

Form Daftar Sekolah Paket Promo Merdeka Belajar Kejar Paket C online (disini…..) dan mengisi seluruh kolom informasi pendaftaran yang tersedia dengan selengkap-lengkapnya. Dan diakhiri dengan mengklik tombol : Daftar Sekarang.

Demikianlah informasi tentang pendaftaran program kejar paket A, kejar paket B, kejar Paket C di Kab. Supiori Provinsi Papua.

Salam merdeka belajar!

* Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu 

http://indoclc.com

Under Tag:

Indonesia Community Learning Center, indoclc, CLC, PKBM, Save Dikmas, PNFI, Paud, LKP, Kejar Paket C online, homeschooling pkbm Supiori, pkbm Provinsi Papua, Sekolah Paket C Kab. Supiori, Ijazah Paket C Kab. Supiori, Kejar Paket C Kab. Supiori, Kejar Paket  Kab. Supiori, Paket A  Kab. Supiori, Paket B Kab. Supiori, Paket C Provinsi Papua, Paket C Kab. Supiori, Ujian Kesetaraan Kab. Supiori, Ujian Paket C  Kab. Supiori Provinsi Papua, Ujian Paket  Kab. Supiori Provinsi Papua, Ujian Persamaan  Kab. Supiori Provinsi Papua,