Categories
Artikel Papua PKBM

Info CLC PKBM Sekolah Paket di Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua

Informasi tentang kelompok belajar (CLC) atau PKBM, Sekolah Paket ABC yang ada di Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua.

Profil Kabupaten Puncak Jaya

Saat ini Kabupaten Puncak Jaya terdiri dari 8 distrik (Distrik Mulia, Distrik Ilu, Distrik Fawi, Distrik Mewoluk, Distrik Yamo, Distrik Tingginambut, Distrik Torere, dan Distrik Jigonikme) dan terdlri dari 302 kampung.

 Tempat Wisata di Puncak Jaya

Ada Puncak tertinggi di Indonesia dan satu-satunya puncak yang bersalju berada di Papua yakni Puncak Jaya Wijaya. Ketinggiannya mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut,

Gunung Sumantri

Gunung Sumantri. Sebuah pegunungan yang mempunyai cukup banyak nama lain seperti Soemantri, Soemantri Brodjonegoro dan Nggak Poloe.

Jarak dari puncak jaya sendiri sebenarnya tak terlalu jauh yakni hanya 2 km saja. Sehingga di puncak Sumantri pun terdapat salju abadi yang menyelimuti sebagian Kawasan puncak,

Perkampungan Suku Dani

Perkampungan Suku Dani yang mendiami Lembah Baliem.

Suku Dani sendiri menjadi salah satu suku asli Papua yang masih melestarikan adat dan kebudayaan nenek moyang.

Taman Nasional Lorentz. Sebuah taman nasional yang terbesar se-Asia Tenggara dan menempati lahan seluas 2.4 juta hektar, wah ternyata Indonesia memiliki taman seluas ini .

Taman Nasional Lorentz

Keberadaan Taman Nasional ini ternyata menjadi habitat untuk 123 jenis mamalia serta 630 jenis burung yang beberapa diantaranya adalah hewan endemic seperti cendrawasih ekor panjang, kuskus, puyuh salju, walabi dan yang lainnya.

Danau Idenberg

Danau Idenberg, lokasinya berada di Kawasan Gunung Jaya Wijaya, sebuah danau misterius yang memiliki nama lain Ngga Pimsit ini berada di lokasi yang cukup terpencil atau lebih tepatnya di ketinggian 4.313 meter di atas permukaan laut.

 KONDISI GEOGRAFIS

Secara geografis Kabupaten Puncak Jaya berada pada posisi 137o15” – 138o15’’ Bujur Timur dan 2o0” – 3o0” Lintang Selatan. Letaknya berada di kawasan Pegunungan Tengah Provinsi Papua dengan keginggian antara 500 s/d 4.500 M di atas permukaan laut. Hampir 95% wilayah Kabupaten Puncak Jaya merupakan wilayah yang berbukit-bukit dan bergunung-gunung dengan struktur tanah yang berbatu, dan hanya kurang lebih 5% yang merupakan dataran rendah yaitu Distrik Fawi dan Torere.

Di sebelah utara, Kabupaten Puncak Jaya berbatasan dengan Kabupaten Mamberamo Raya; lalu di sebelah timur berbatasan dengan Distrik Karubaga Kabupaten Tolikara; di sebelah selatan, Kabupaten Puncak Jaya berbatasan dengan dengan Distrik Agadugume Kabupaten Puncak, dan distrik Tiom Kabupaten Lanny Jaya; sementara di sebelah barat, berbatasan dengan Distrik Sinak, Distrik Pogoma dan Distrik Doufo Kabupaten Puncak.

Baca juga  Info CLC - Pendaftaran Sekolah paket ABC PKBM Kec Periuk  kota Tangerang Banten

Dan dibawah ini adalah Informasi tentang kelompok belajar (CLC) atau  PKBM,  Sekolah Paket ABC yang ada di Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua.

Data Kelompok Belajar Masyarakat 

Dari Informasi data pokok pendidikan nasional (Dapodik) Kemdikbud, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM yang ada di daerah  Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua antara lain adalah:

PKBM Fawi

 Kamp. Fii, Fawi, Kec. Fawi, Kab. Puncak Jaya Prov. Papua,

PKBM ILLU

 Jl. Pepera, Wurak, Kec. Ilu, Kab. Puncak Jaya Prov. Papua,

PKBM Mulia

 Jl. Papua, Pruleme, Kec. Mulia, Kab. Puncak Jaya Prov. Papua,

PKBM JIGONIKME

 Jl. Trans Wamena-ilu, Jigonikme, Kec. Nioga, Kab. Puncak Jaya Prov. Papua,

Apa itu Community Learning Center – CLC atau PKBM?

CLC Indonesia adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM – yaitu lembaga pendidikan non formal (PNF)  yang memberikan layanan pendidikan kesetaraan, Paket A, Paket B, dan Paket C dengan konsep merdeka belajar.

Sebagai Community Learning Center (CLC) sesuai amanat PBB bahwa pendidikan model PKBM selain bebas usia, adalah untuk meningkatkan literasi (baca, tulis, dan hitung). 

CLC  di Indonesia namanya PKBM membantu masyarakat untuk melanjutkan pendidikan baik yang tertunda maupun memilih PKBM sebagai jalur pendidikannya agar bisa kuliah, kerja, atau ke luar negeri, bahkan untuk berwirausaha. CLC  siap membantu merancang program anda.

Apa itu PKBM?

​Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM adalah fasilitas pendidikan yang disediakan untuk menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi warga masyarakat. 

PKBM juga memfasilitasi warga agar dapat mengikuti ujian kesetaraan melalui program Paket A, B dan paket C.

Sekolah paket C atau PKBM di    Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Baca juga  PELATIHAN YOUTUBE PEMBELAJARAN, PROGRAM 1000 KONTEN

Berikut  ini Informasi tentang progam layan CLC, dan info pendaftaran kejar  paket ABC (PKBM) terdekat di Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua.

Program Layanan Community Learning Center (CLC) 

Program layanan: 

HomeSchooling, kelompok belajar (kejar) Paket A, Paket B, Paket C, Pendidikan Kesetaraan.

Community school

HomeSchooling

Indo CLC Siap menjadi mitra para homeschooler yang mendidik putra-putrinya di rumah. Silakan untuk mendaftar agar legalitas anaknya dapat terjamin dan legal selama masa menjalani belajar homeschooling.

Kejar Paket A

Sekolah Paket A CLC adalah Setara SD mata pelajaran (mapel) yang diampu sama dengan sekolah dasar ditambah dengan  mapel pemberdayaan dan keterampilan. 

Sekolah paket A bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SD biasa, yaitu mendalami ilmu-ilmu dasar dalam memahami kehidupan.

Kejar Paket B

Sekolah kejar Paket B di CLC Indonesiw  adalah  Setara SMP,  mapel yang dipelajari sama dengan sekolah menengah pertama dan  ditambah dengan mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah paket B di PKBM  bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMP biasa, yaitu mendalami ilmu untuk bekal bekerja.

Paket C

Sekolah Paket C di PKBM adalah Setara SMA mapel yang dipelajari sama dengan SMA ditambah  mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah Paket C di PKBM bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMA biasa.

 Adapun tujuan utama  program Paket C di CLC adalah agar warga belajar siap berwirausaha dan/atau melanjutkan kuliah.

Pendidikan Kesetaraan

CLC (PKBM) di Indonesia juga Menerima pindahan sekolah dari sekolah formal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dari luar negeri dengan penyetaraan ijazah.

Awal tahun pembelajaran ini karena masih ada wabah covid-19 maka penerimaan dan pendaftaran siswa sekolah paket ABC baru/pindahan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan Paket C di PKBM dilaksanakan secara daring (online).

Silahkan menghubungi PKBM sekolah kejar Paket ABC yang terdekat di Provinsi Papua

Agar proses pendaftaran siswa berjalan sukses maka sebelumnya harus dipersiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk file foto.

Baca juga  Info CLC - PKBM Pendaftaran Sekolah paket ABC kota Cilegon

DOKUMEN PERSYARATAN PENDAFTARAN SISWA PAKET KESETARAAN

Adapun dokumen persyaratan yang diperlukan sangat sederhana, yaitu :

Dokumen Persyaratan Paket C (setara SMA) : Foto Ijazah Terakhir (SMP/MTs/Paket B), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket B (setara SMP) : Foto Ijazah Terakhir (SD/MI/Paket A), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket A (setara SD) : Foto Akte Lahir dan Kartu Keluarga. .

Dan bagi siswa masuk di kelas tengah atau pindahan ditambah persyaratan melampirkan raport persemester hasil belajar studi nya.

Selanjutnya kamu silahkan menghubungi sekolah yang terdekat di Tangerang 

Provinsi Papua, Dan Sekolah paket C (PKBM) di Kab. Puncak Jaya

Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Dimana Saya Bisa Mendaftar PKBM Paket C terdekat di .    Kab. Puncak Jaya  Tahun ini? Silahkan hubungi PKBM terdekat.

Atau kamu dapat juga daftar secara online dengan mengunjungi link Form PPDB Online (disini) atau 

Form Daftar Sekolah Paket Promo Merdeka Belajar (disini…..) dan mengisi seluruh kolom informasi pendaftaran yang tersedia dengan selengkap-lengkapnya. Dan diakhiri dengan mengklik tombol : Daftar Sekarang.

Demikianlah informasi tentang pendaftaran program kejar paket A, kejar paket B, kejar Paket C di Kab. Puncak Jaya

 Provinsi Papua.

Salam merdeka belajar!

* Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu 

http://indoclc.com

Under Tag:

Indonesia Community Learning Center, indoclc, CLC, PKBM, Save Dikmas, PNFI, Paud, LKP, Homeschooling, pkbm Puncak Jaya, pkbm Provinsi Papua, Sekolah Paket C Kab. Puncak Jaya Ijazah Paket C Kab. Puncak Jaya, Kejar Paket C Kab. Puncak Jaya, Kejar Paket  Kab. Puncak Jaya, Paket A  Kab. Puncak Jaya, Paket B Kab. Puncak Jaya, Paket C Provinsi Papua, Paket C Kab. Puncak Jaya, Ujian Kesetaraan Kab. Puncak Jaya, Ujian Paket C  Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua, Ujian Paket  Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua, Ujian Persamaan  Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua,