Categories
Artikel

Info CLC PKBM Indonesia di Kab. Asmat Provinsi Papua

Kabupaten Asmat awalnya adalah bagian dari Kabupaten Merauke yang terdiri dari kecamatan Agats, Ayam, Atsj, Sawa Erma dan Pantai Kasuari. Hingga saat ini Kabupaten Asmat terdiri dari 10 Distrik (Agats, Atsj, Akat, Fayit, Pantai Kasuari, Sawa Erma, Suator, Kolf Brasa, Unir Sirau dan Suru-suru).

Profil Kabupaten Asmat

Suku Asmat adalah salah satu suku yang mendiami wilayah Papua bagian Selatan, diapit oleh Kabupaten Merauke, Mappi, Mimika, Yahukimo dan Nduga. Populasinya terbagi dua yaitu mereka yang hidup dipesisir pantai dan pedalaman serta memiliki perbedaan satu sama lainnya dalam hal cara hidup, struktur social dan ritual, hal ini dapat dilihat dari hasil karya-karya mereka dalam mengukir patung.

Kabupaten Asmat awalnya adalah bagian dari Kabupaten Merauke yang terdiri dari kecamatan Agats, Ayam, Atsj, Sawa Erma dan Pantai Kasuari. Hingga saat ini Kabupaten Asmat terdiri dari 10 Distrik (Agats, Atsj, Akat, Fayit, Pantai Kasuari, Sawa Erma, Suator, Kolf Brasa, Unir Sirau dan Suru-suru).

Jenis obyek wisata yang ada di Kabupaten Asmat dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu wisata alam, budaya, dan sosial Wisata alam di Kabupaten Asmat diantaranya adalah Taman Nasional Lorenz, Pantai Bokap, Pantai Pek, Pulau Sengsara/Fumaripits, Pantai Bayun, Pulau Tiga/Somel, Pula Lak/Mamats, dan Rawa Baki.

Objek-objek wisata yang dapat meningkatkan pendapatan daerah adalah objek wisata Budaya, Objek Wisata Alam dan Objek Wisata Taman Nasional Lorentz.  Objek Wisata Budaya yakni Museum Kebudayaan dan Kemajuan Asmat yang tersimpan benda-benda bersejarah suku Asmat seperti Ukiran patung (Mbis, Panel, Salawaku, Perisai Woramon/perahu adat, panah, busur, terompet, pakain roh, kapak batu, busur, dll), 

Suku Asmat sendiri terdiri dari 12 Rumpun yang tersebar 19 Distrik. Berbagai produk kesenian dan ritual merupakan produk budaya yang lahir di suku Asmat. Suku Asmat sendiri dicap sebagai sebagai Situs Warisan Budaya (Site of the World Cutural Heritage).

Pendidikan Non formal

Dan dibawah ini adalah Informasi tentang pendidikan non formal yakni kelompok belajar atau Community Learning Center (CLC) atau pusat kegiatan belajar Masyarakat ( PKBM),  Sekolah Paket ABC yang ada di  Kab. Asmat Provinsi Papua.

Dari Informasi data pokok pendidikan nasional (Dapodik) Kemdikbud, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM yang ada di daerah  Kab. Asmat Provinsi Papua antara lain adalah:

PKBM TEWER CES INDAH

Kampung Atsj, Atsy, Kec. Atsy, Kab. Asmat Prov. Papua,

PKBM MOTIVASI BELAJAR AWYU

 Kampung Wagi Distrik Awyu, Wagi, Kec. Ayip, Kab. Asmat Prov. Papua,

PKBM SEMANGAT BELAJAR FAYIT

 Kampung Ayis, AIS, Kec. Fayit, Kab. Asmat Prov. Papua,

PKBM SEMBERS MAJU BERSAMA

 Kampung Binamzain, Binamzain, Kec. Kolf Braza, Kab. Asmat Prov. Papua,

PKBM BEVAK BELAJAR MANDIRI

 Kampung Kamur, Kamur, Kec. Pantai Kasuari, Kab. Asmat Prov. Papua,

PKBM SAFAN MAJU JAYA

 Kampung Primapun, Primapun, Kec. Safan, Kab. Asmat Prov. Papua,

PKBM POMATS PEMERSATU PENDIDIKAN

Kampung Sauti Kec. Sawaerma, Kabupaten Asmat,

Provinsi Papua,

PKBM SEMANGAT CERDAS JOERAT

Alamat: Kampung Yamas, Kecamatan Sawaerma, 

Kabupaten Asmat, Provinsi Papua,

PKBM RUMAH SIRET CERDAS

 Kampung Yaosakor, Yausakor, Kec. Sirets, Kab. Asmat Prov. Papua,

PKBM MUARA SUNGAI JUTU

 Jl. Marthen Yensenem, Daikot, Kec. Suator, Kab. Asmat Prov. Papua,

PKBM SIRET EMAS SUATOR

 Kampung Binam, Binam, Kec. Suator, Kab. Asmat Prov. Papua,

PKBM BIMINIP AKAT CEM

 Jl. Yos Sudarso Kampung Bis Agats Distrik Agats, Bis Agats, Kec. Agats, Kab. Asmat Prov. Papua,

PKBM SEKOLAH AKAT BERSAMA

 Kampung Cumnew, CUMNEW, Kec. Akat, Kab. Asmat Prov. Papua.

Apa itu Community Learning Center – CLC atau PKBM?

Baca juga  Info CLC-PKBM Cipondoh Tangerang

CLC Indonesia adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM – yang memberikan layanan pendidikan kesetaraan, Paket A, Paket B, dan Paket C dengan konsep merdeka belajar.

Sebagai Community Learning Center (CLC) sesuai amanat PBB bahwa pendidikan model PKBM selain bebas usia, adalah untuk meningkatkan literasi (baca, tulis, dan hitung). 

CLC  di Indonesia namanya PKBM membantu masyarakat untuk melanjutkan pendidikan baik yang tertunda maupun memilih PKBM sebagai jalur pendidikannya agar bisa kuliah, kerja, atau ke luar negeri, bahkan untuk berwirausaha. CLC  siap membantu merancang program anda.

Apa itu PKBM?

​Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM adalah fasilitas pendidikan yang disediakan untuk menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi warga masyarakat. 

PKBM juga memfasilitasi warga agar dapat mengikuti ujian kesetaraan melalui program Paket A, B dan paket C.

KEUNTUNGAN SEKOLAH DI PKBM ADALAH :

1. Usia peserta tidak dibatasi (bebas usia).

2. Cocok untuk yang sudah bekerja/karyawan/pegawai karena waktu belajar.

3. Boleh diatur di luar jadwal/jadwal boleh diatur sendiri (Online).

4. Menerima siswa putus sekolah/drop out/dikeluarkan dari sekolah.

5. Menerima siswa yang tidak lulus ujian/tidak naik kelas.

6. Ijazah paket c bisa untuk kuliah.

7. Mendapatkan pelatihan tambahan berupa komputer.

8. Kelas offline sabtu / minggu.

9. Dibimbing oleh tenaga ahli yang profesional.

10. Pilihan Hari dan  jam belajar Sabtu/Minggu Dan online kapan saja dan dimana saja.

11. CLC Juga menerima peserta dari luar kota di seluruh indonesia.

Sekolah paket C atau PKBM di    Kab. Asmat  Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Baca juga  Pendaftaran Pendidikan Kesetaraan

Berikut  ini Informasi tentang progam layan CLC, dan info pendaftaran kejar  paket ABC (PKBM) terdekat di Kab. Asmat Provinsi Papua.

Program Layanan Community Learning Center (CLC) 

Program layanan: 

HomeSchooling, kelompok belajar (kejar) Paket A, Paket B, Paket C, Pendidikan Kesetaraan.

Community school

HomeSchooling

Indo CLC Siap menjadi mitra para homeschooler yang mendidik putra-putrinya di rumah. Silakan untuk mendaftar agar legalitas anaknya dapat terjamin dan legal selama masa menjalani belajar homeschooling.

Kejar Paket A

Sekolah Paket A CLC adalah Setara SD mata pelajaran (mapel) yang diampu sama dengan sekolah dasar ditambah dengan  mapel pemberdayaan dan keterampilan. 

Sekolah paket A bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SD biasa, yaitu mendalami ilmu-ilmu dasar dalam memahami kehidupan.

Kejar Paket B

Sekolah kejar Paket B di CLC Indonesiw  adalah  Setara SMP,  mapel yang dipelajari sama dengan sekolah menengah pertama dan  ditambah dengan mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah paket B di PKBM  bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMP biasa, yaitu mendalami ilmu untuk bekal bekerja.

Paket C

Sekolah Paket C di PKBM adalah Setara SMA mapel yang dipelajari sama dengan SMA ditambah  mapel pemberdayaan dan keterampilan. Sekolah Paket C di PKBM bukan hanya untuk mencari ijazah tetapi menjadi pilihan yang sama dengan sekolah SMA biasa.

 Adapun tujuan utama  program Paket C di CLC adalah agar warga belajar siap berwirausaha dan/atau melanjutkan kuliah.

Pendidikan Kesetaraan

CLC (PKBM) di Indonesia juga Menerima pindahan sekolah dari sekolah formal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dari luar negeri dengan penyetaraan ijazah.

Awal tahun pembelajaran ini karena masih ada wabah covid-19 maka penerimaan dan pendaftaran siswa sekolah paket ABC baru/pindahan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan Paket C di PKBM dilaksanakan secara daring (online).

Baca juga  Info CLC - Pendaftaran Sekolah paket ABC PKBM Kec Batuceper  kota Tangerang Banten

Silahkan menghubungi PKBM sekolah kejar Paket ABC yang terdekat di Provinsi Papua

Agar proses pendaftaran siswa berjalan sukses maka sebelumnya harus dipersiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk file foto.

DOKUMEN PERSYARATAN PENDAFTARAN SISWA PAKET KESETARAAN

Adapun dokumen persyaratan yang diperlukan sangat sederhana, yaitu :

Dokumen Persyaratan Paket C (setara SMA) : Foto Ijazah Terakhir (SMP/MTs/Paket B), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket B (setara SMP) : Foto Ijazah Terakhir (SD/MI/Paket A), Kartu Keluarga dan Akte Lahir.

Dokumen Persyaratan Paket A (setara SD) : Foto Akte Lahir dan Kartu Keluarga. .

Dan bagi siswa masuk di kelas tengah atau pindahan ditambah persyaratan melampirkan raport persemester hasil belajar studi nya.

Selanjutnya kamu silahkan menghubungi sekolah yang terdekat di Tangerang 

Provinsi Papua,

Dan Sekolah paket C (PKBM) di Kab. Asmat

Provinsi Papua ini adalah jalur alternatif dari Kementrian Pendidikan Nasional untuk siswa/i yang putus sekolah atau siapa saja yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan ekonomi, waktu, kesempatan ataupun hal lainnya.

Dimana Saya Bisa Mendaftar PKBM Paket C terdekat di .    Kab. Asmat Tahun ini? Silahkan hubungi PKBM terdekat.

Atau kamu dapat juga daftar secara online dengan mengunjungi link Form PPDB Online (disini) atau 

Form Daftar Sekolah Paket Promo Merdeka Belajar (disini…..) dan mengisi seluruh kolom informasi pendaftaran yang tersedia dengan selengkap-lengkapnya. Dan diakhiri dengan mengklik tombol : Daftar Sekarang.

Demikianlah informasi tentang pendaftaran program kejar paket A, kejar paket B, kejar Paket C di Kab. Asmat Provinsi Papua.

Salam merdeka belajar!

* Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu 

http://indoclc.com

Under Tag:

Indonesia Community Learning Center, indoclc, CLC, PKBM, Homeschooling, pkbm Asmat, pkbm Provinsi Papua, Sekolah Paket C Kab. Asmat  Ijazah Paket C Kab. Asmat, Kejar Paket C Kab. Asmat, Kejar Paket  Kab. Asmat, Paket A  Kab. Asmat, Paket B Kab. Asmat , Paket C Provinsi Papua, Paket C Kab. Asmat, Ujian Kesetaraan Kab. Asmat, Ujian Paket C  Kab. Asmat Provinsi Papua, Ujian Paket  Kab. Asmat Provinsi Papua, Ujian Persamaan  Kab. Asmat Provinsi Papua,