Categories
Artikel

Kebijakan Sistem Kredit Semester (SKS) pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Kebijakan Sistem Kredit Semester (SKS) pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Apa itu sistem SKS di sekolah?

Pengertian SKS,  SKS (Sistem Kredit Semester) adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya menyepakati jumlah beban belajar yang diikuti dan/atau strategi belajar setiap semester pada satuan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajarnya.

Apa kelebihan sekolah yang menggunakan sistem SKS?

Dengan sistem SKS, maka siswa akan dilatih kemandiriannya dalam menempuh kompetensi dasar yang harus diselesaikan oleh siswa. Keunggulan yang kedua adalah tidak adanya sistem tinggal kelas. Hal yang selama ini ditakutkan oleh orangtua dan siswa adalah tinggal kelas.

Salah satu inovasi itu adalah sistem SKS yang diterapkan di SMA. Sistem ini mulai diuji coba pada beberapa tahun terakhir ini. … Tujuan SKS ini menjadi program pendidikan yang bersifat fleksibel, bervariasi, dan memberikan peluang bagi siswa untuk bebas memilih apa yang ia mau sesuai dengan keinginannya.

Berapa SKS untuk SMA?

Dalam 6 semester ada 260 SKS yang harus dituntaskan siswa. Dengan 17 mata pelajaran atau 44 sks persemester, sehingga jika 260 sks dituntaskan dalam 2 tahun maka siswa dianggap menyelesaikan pendidikannya.

Sehubungan dengan upaya peningkatan efektivitas penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sedang melakukan evaluasi dan kajian terhadap kebijakan Sistem Kredit Semester (SKS).

Berkenaan dengan hal tersebut, diminta kepada Saudara agar:

melakukan moratorium izin pembukaan satuan pendidikan penyelenggara SKS mulai sejak diterbitkannya Surat Edaran ini sampai dengan diterbitkannya kebijakan lebih lanjut; dan

untuk satuan pendidikan yang saat ini sudah menyelenggarakan SKS, hanya dapat memberikan layanan program percepatan kepada peserta didik yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Baca juga  Info Kejar Paket C  Serpong  Kota Tangerang Selatan

Potensi kecerdasan yang diukur dengan tes psikologi yang dikeluarkan oleh psikolog yang memiliki izin praktik/profesional. Tes psikologi ini dapat diupayakan oleh peserta didik secara mandiri atau dikoordinasikan oleh satuan pendidikan penyelenggara SKS.

Prestasi akademik tinggi ditunjukkan dengan nilai rapor untuk masing-masing mata pelajaran pada jenjang atau semester sebelumnya bernilai “sangat baik”.

Surat Edaran Nomor: 0023/C/Hk.01.02/2022 Tentang Moratorium Izin Pembukaan Satuan Pendidikan Penyelenggara Sistem Kredit Semester pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah dapat diunduh (download)

DI Sini…..

Demikian informasi yang kami sampaikan, silahkan share bagi yang membutuhkan, semoga bermanfaat

Salam Merdeka Belajar 

Admin Indo CLC

Indonesia Community Learning Center.

www.Indoclc.com

Under Tags:

Indonesia CLC, Indonesia Community Learning Center, indoclc, sks, percepatan